Enter your keyword

Selasa, 23 Januari 2018

3 hal yang harus diperhatikan saat membeli tuna kaleng murah

Tuna kaleng murah saat ini semakin marak tersedia di berbagai tempat dari mulai toko kelontong, pasar hingga swalayan atau mini market. Ikan tuna sangat digemari oleh berbagai kalangan karena sangat baik untuk dikonsumsi baik oleh balita hingga orang dewasa. Di awal kemunculannya, tuna sangat popular sebagai salah satu bahan pelengkap sushi. Namun kini berbagai olahan dapat disajikan dengan bahan bakar ikan tuna seperti steak, sup, tumisan dan masih banyak lagi.
Semakin tingginya tingkat permintaan ikan tuna oleh masyarakat membuat banyak distributor tuna ingin meraih keuntungan. Terdapat beberapa diantaranya yang mengambil langkah tak benar hanya untuk memperoleh pundi-pundi rupiah.

3 hal yang harus diperhatikan saat membeli tuna kaleng murah
Di tengah-tengah persaingan dagang ikan tuna yang sangat ketat, kualitas tuna segar maupun tuna dalam kaleng menjdai intens diperbincangkan. Membeli ikan tuna segar memang dapat menekan kemungkinan buruknya kualitas ikan tuna dibanding membeli ikan tuna kaleng. Namun untuk lebih praktisnya, ikan tuna kaleng adalah pilihan yang tepat. Bahkan kini telah banyak tuna kaleng siap makan yang banyak tersedia di pasaran.
Sebenarnya, tak ada masalah dengan tuna kaleng asalkan kualitasnya terjaga dan proses pengolahannya dan pengemasannya sesuai aturan. Yang menjadi masalah adalah saat ini banyak pihak yang tak bertanggungjawab menyediakan tuna kaleng dengan kualitas yang buruk. Mereka hanya berpikir untuk mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi sehingga mengabaikan kualitas produknya.
Untuk menarik konsumen yang lebih banyak, mereka membandrol ikan tuna kaleng dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Hal inilah yang menjadikan dilema bagi masyarakat khususnya yang gemar mengkonsumsi atau mengolah ikan tuna. Berikut ini terdapat tiga hal yang wajib diperhatikan ketika membeli ikan tuna kaleng dengan harga yang lebih terjangkau dari pasaran biasanya:
Proses pengolahan
Hal yang paling utama harus diperhatikan ketika mendapati tuna kaleng murah adalah proses pengolahannya. Para produsen tuna kaleng umumnya melakukan beberapa kali proses pengolahan terhadap tuna sebelum dikemas ke dalam kaleng. Proses pengolahan tersebut tentunya memiliki tujuan supaya ikan tuna dalam kaleng dapat bertahan lebih lama. Sayangnya, banyak produsen yang berfokus pada bagaimana dapat meluncurkan produk tuna kaleng seawet mungkin dengan harga terjangkau yang dapat menarik lebih banyak konsumen. Mereka tidak memikirkan dampak dari pengolahan yang banyak keluar jalur akan mengurangi kadar nutrisi yang terkandung di dalam ikan tuna.
Beberapa cara pengolahan ikan tuna kaleng salah satunya adalah proses pengeringan ikan tuna. Proses pengeringan daging ikan tuna tentu akan mengurangi bahkan menghilangkan kandungan minyak dan asam omega 3. Namun pihak produsen akan lebih diuntungkan karena ikan tuna akan dapat bertahan jauh lebih lama. harga tuna kaleng pun akan lebih terjangkau karena prosesnya cenderung mudah. Berbeda dengan produsen yang memikirkan kualitas tuna kaleng mereka. Mereka akan melakukan proses pengolahan yang berbeda yakni dengan proses sterilisasi serta penambahan garam supaya kandungan minyak dan omega 3 tetap terjaga.
2.      Harga mahal belum tentu berkualitas
Tak sedikit masyarakat yang memiliki pemikiran bahwa ikan tuna kalenan dengan harga mahal dapat menjamin kualitasnya. Justru terkadang, para produsen sengaja mengecoh pandangan masyarakat secara umum terhadap ikan tuna dengan membandrolkan harga yang mahal. Namun, ternyata harga juga bisa menipu.
Sebagai contoh, hidangan ikan tuna yang disajikan di restoran mewah atau hotel berbintang dengan konsep fine dining. Banyak yang menyajikan ikan tuna dengan kualitas standar namun karena nama restoran atau hotel sudah melejit harga sajian tersebut juga ikut melesat naik.
Sebagai konsumen yang cerdas, selektiflah pula dalam memilih distributor tuna kaleng atau hidangan pada restaurant. Apalagi saat ini terdapat beberapa jenis tuna yang terancam kepunahan. Aakan lebih baik apabila dalam membeli ikan tuna, Anda memperhatikan proses dan sistem penangkapan ikan tuna. Pastikan sistem penangkapannya sesuai dengan aturan dan prosedur.
Mengapa hal ini sangat perlu dilakukan? Jawabannya adalah supaya ekosistem laut khususnya ikan tuna tidak terganggu. Apabila penangkapan ikan tuna dilakukan secara sembarangan, maka keseimbangan ekosistem laut akan terganggu. Dampak yang paling buruk adalah berkurangnya ketersediaan ikan tuna hingga terjadinya kepunahan.
3.      Kandungan gizi
Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan air asin yang telah memperoleh perijinan atau legalitas untuk dikonsumsi. Ikan tuna memiliki warna yang terang dan sebagian justru berwarna keputihan. Jika dibandingkan dengan daging, ayam atau jenis ikan lainnya, tuna memiliki warna dan tekstur khas tersendiri. Saat ditawari tuna kaleng murah, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.
Ikan tuna memiliki kandungna nutrisi melimpah. Nutrisi tersebut antara lain omega 3, asam lemak, protein, vitamin B dan DHA. Ikan tuna sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa karena sangat menyehatkan.
Namun yang sangat perlu diperhatikan saat membeli tuna kalengan adalah komposisi ikannya. Ada beberapa perusahaan yang tidak bertanggung jawab mencampurkan jenis ikan lain ke dalam runa kaleng. Tentu saja tujuannya supaya keuntungan yang diperoleh lebih besar. Untuk itu, sangat perlu kejelian dalam membaca komposisi yang tertera pada kemasan tuna kaleng. Jangan sampai terkecoh karena berbeda komposisi ikan, akan berbeda pula kandungan gizi yang diperoleh.
Walaupun terkesan meyakinkan dari luar, namun ketiga hal mengenai tuna kaleng murah di atas harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai salah dalam memilih ikan tuna kalengan supaya memperoleh ikan tuna kaleng yang benar-benar berkualitas. Konsumsi masakan ikan tuna yang masih terjaga kualitasnya tentu tak akan mempengaruhi pemenuhan nutrisi bagi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami

TUNA KALENG MURAH

Kami adalah Supplier Tuna Kaleng Murah dengan Kualitas terjamin. Dapatkan Sekarang Juga Kaleng Tuna, Kaleng Sarden, dll disini!.

: Java, Indonesia

: DistributorTunaKaleng@gmail.com



Recent Post

Popular

Contact Form